Jakarta, 7 Desember 2023. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengajak masyarakat ikut memperingati hari antikorupsi sedunia (Hakordia) 2023. “Kita semarakkan Hakordia tahun ini sebagai momentum refleksi dan komitmen upaya pemberantasan korupsi ke depannya,” pesan Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron pada konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jumat (8/12).

Selama tahun 2023, lanjut Ghufron, KPK bersama institusi aparat penegak hukum lain, kementerian lembaga, pemerintah daerah, CSO, akademisi, pegiat antikorupsi, dan seluruh elemen masyarakat telah bahu-membahu dalam upaya pemberantasan korupsi melalui berbagai cara, medium, dan aktivitas, yang pada ujungnya adalah untuk menurunkan tingkat korupsi guna mendukung perwujudan Indonesia maju.

Ghufron menyebut sebagai refleksi upaya pemberantasan korupsi KPK telah melakukan pengukuran Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) dan Survei Penilaian Integritas (SPI). Adapun skor indeks IPAK 2023 sebesar 3,92 atau turun dari tahun sebelumnya dengan skor 3,93. Demikian halnya, hasil SPI tahun 2022 diperoleh skor indeks sebesar 71,9 turun dari capaian tahun 2021 dengan skor 72,4.

“Hasil skor indeks kedua survei ini mengalami penurunan. Hal tersebut tentunya menjadi PR kita bersama untuk melakukan berbagai akselerasi perbaikan pada masa-masa mendatang,” ujar Gufron.

Selanjutnya komitmen KPK tahun 2024 adalah untuk penguatan pemberantasan korupsi secara sinergis dan kolaboratif, serta menjaga keselarasan dan keberlanjutan pelaksanaan program/kegiatan serta pencapaian target akhir pemerintahan. Mengingat tahun 2024 merupakan tahun terakhir Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024 dan Rencana Strategis (Renstra) KPK 2020-2024.

“KPK mengajak segenap institusi pemerintah pusat dan daerah, BUMN/BUMD, lembaga pendidikan formal dan informal, dan berbagai entitas kemasyarakatan lainnya untuk ikut menyemarakkan peringatan hari antikorupsi sedunia ini,” tutup Ghufron.

Puncak Peringatan Hakordia 2023

Dalam kesempatan ini Plt. Deputi Bidang Informasi dan Data KPK Eko Marjono sebagai Ketua Pelaksana Peringatan Hakordia 2023 mengatakan pelaksanaan peringatan hari antikorupsi sedunia tahun ini mengusung tema ‘Sinergi Berantas Korupsi, untuk Indonesia Maju’. Kegiatan akan dipusatkan di Istora Senayan, Jakarta, pada 12 – 13 Desember 2023.

Puncak peringatan Hakordia akan diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik. Hari pertama, Selasa (11/12), pembukaan acara akan dimulai pada pkl 09.00 WIB. Rangkaian dilanjutkan kegiatan peluncuran dan bedah buku, Seminar Nasional Perempuan Antikorupsi, Sarasehan Ahli Pembangun Integritas (API), Final Cerdas Cermat JAGA, Diskusi Publik Peran Komite Advokasi Daerah, dan Diskusi Tapaksiapi.

Pada hari kedua, Rabu (12/12), ada lelang barang gratifikasi dan  barang rampasan, Forum Focal Point STRANAS PK, Talkshow WBS pada Pemda, Training of Trainer (TOT) Penyuluh Antikorupsi (PAKSI), Talkshow dan Awarding Peran Media dan Civil Society Organization (CSO) dalam Pencegahan Korupsi, ACKnow API, serta Diskusi Antikorupsi bersama ANRI. Sepanjang hari pertama dan kedua juga akan digelar Integrity Expo dan Stand Pelayanan Publik.     

“KPK mengajak seluruh unsur masyarakat untuk datang dan ikut menyemarakkan gelaran Hakordia 2023 ini dengan semangat antikorupsi,” pesan Eko.

Informasi selengkapnya mengenai rangkaian peringatan puncak Hakordia 2023 dapat diakses melalui https://www.kpk.go.id/hakordia2023. Masyarakat juga bisa menyemarakkan semangat antikorupsi dengan membagikan foto menggunakan twibbon Hakordia 2023 melalui tautan https://www.twibbonize.com/hakordia2023.

 

Biro Hubungan Masyarakat

Komisi Pemberantasan Korupsi

Jl. Kuningan Persada Kav. 4, Jakarta Selatan

Call Center KPK: 198, www.kpk.go.id

 

Juru Bicara Bidang Penindakan dan Kelembagaan

Ali Fikri - 085216075917

Top