Proses penjurian Festival Suara Antikroupsi (SAKSI) 2018 telah selesai. Tim juri yang terdiri dari Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Vokalis Band Navicula Gede Robi, dan perwakilan dari KanalKPK Zulkarnain telah memilih 9 karya terbaik dari 221 demo lagu yang berasal dari seluruh Indonesia.

Proses penjurian sendiri berlangsung selama dua hari dari tanggal 23 Oktober hingga 24 Oktober 2018 di ruang musik Gedung Merah Putih KPK. Selama dua hari, tim juri telah mendengarkan seluruh karya dengan tema antikorupsi dan berdiskusi untuk menentukan 9 karya yang akan masuk kedalam album kompilasi SAKSI 2018.

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan bahwa festival SAKSI tahun ini lebih meningkat secara kualitas dan kuantitas. “Ini efek positif dari kegiatan Klinik Musik yang digelar sebelum mengumpulkan karya” ujar Saut. Saut juga mengapresiasi banyaknya peserta yang ikut kembali ditahun ini setelah gagal di tahun-tahun sebelumnya. Saut berterima kasih kepada peserta yang terus mendukung KPK lewat seni musik

Menurut Saut, melalui Festival SAKSI ini isu antikorupsi dalam setiap karya yang dikirimkan cukup beragam. Sebagian besar adalah mengenai keinginan masyarakat yang ingin Indonesia berubah menjadi lebih baik.   “Ini sesuai dengan tujuan KPK yaitu ingin menciptakan perubahan. Dan lewat musik, masyarakat bisa tergerak untuk bersama-sama mencegah dan memerangi korupsi” kata Saut. Sembilan karya yang telah dipilih adalah gambaran dari suara KPK. Saut harap masyarakat bisa mendengar dan bisa terpengaruh dengan lagu-lagu yang ada di album SAKSI 2018 nanti.

Diskusi panjang terjadi dalam proses penjurian, banyaknya karya yang bagus menjadi kesulitan tersendiri untuk memberikan penilaian dan pemilihan karya terbaik. Menurut Robi, kriteria terpenting adalah musiknya harus radio friendly.“Karena tahun ini tidak ada proses merekam ulang, secara audio harus seaman mungkin” kata Robi.Selain itu, Robi juga berharap album ini bisa mewakili sebanyak mungkin suara masyarakat.“Itu sebabnya kita harus bikin genrenya beragam” kata Robi.

Sembilan finalis terpilih akan segera diumumkan secara resmi oleh KanalKPK melalui situs kanalkpk.go.id atau social media Twitter @festivalsaksi ,  Facebook dengan akun festival saksi serta Instagram @kanal_kpk pada hari Jumat (26/10).Nantinya, kesembilan finalis tersebut akan di terbangkan ke Jakarta untuk menyanyikan karyanya secara langsung dalam konser Festival Saksi yang akan dilaksanakan pada 30 November 2018. Mereka akan bersaing kembali untuk merebut posisi juara satu, dua dan tiga. Nantinya masyarakat juga bisa memilih karya favoritnya melalui voting. Selain penampilan dari para finalis, konser tersebut juga akan di meriahkan oleh alumni SAKSI di tahun 2016 dan 2017, serta beberapa musisi ternama di tanah air.

(Humas)

Top