Komisi Pemberantasan Korupsi bersiap untuk melaksanakan kegiatan pelatihan jurnalis lawan korupsi bersama para jurnalis di 9 kota di Indonesia. Kegiatan ini diawali pada Sabtu 20 Juli 2019 di Manado sebagai kota pertama dalam kegiatan pelatihan jurnalis.

Kegiatan ini diisi oleh beberapa narasumber seperti Mustakim Ketua Bidang Data dan Informasi AJI Indonesia, Daun Ferry Liando Dosen Universitas Sam Ratulangi sekaligus pegiat antikorupsi Manado dan perwakilan  Humas KPK.

KPK mengangkat tema “Pengelolaan Dana Transfer Daerah” di Manado. Pertimbangannya setelah Operasi Tangkap Tangan terakhir (OTT) di Kepulauan Talaud-Sulawesi Utara atas dugaan suap dana revitalisasi pasar yang diterima oleh sang Bupati, hal ini menjadi perhatian besar para jurnalis dan masyarakat di Manado.

"Materi dalam pelatihan ini meliputi tentang nilai berita dalam pencegahan korupsi, peran publik dalam pemberantasan korupsi, dan jurnalisme dalam pencegahan korupsi,"  kata Febri Diansyah, Juru Bicara KPK.

Febri menjelaskan bahwa program “Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi 2019” dilakukan untuk memberi penghargaan kepada pada jurnalis yang selama ini telah mendukung pemberantasan korupsi. Kegiatan ini terbuka untuk jurnalis profesional dan jurnalis warga di seluruh Indonesia yang memenuhi syarat.

KPK menyelenggarakan kegiatan ini bekerja sama dengan Aliansi Jurnalis Independen dan Tempo Institute dengan tema besar ‘Cegah Korupsi, Hak Rakyat Kembali’. KPK sadar betul pentingnya peran para jurnalis dan publik dalam sosialisasi pencegahan korupsi. Ada dua kategori dalam apresiasi tahun ini, yakni Jurnalis Profesional dan Jurnalis Warga. Para jurnalis dan jurnalis warga dari seluruh Indonesia bisa mengikuti kompetisi ini.

Selanjutnya kegiatan pelatihan jurnalis akan diselenggarakan di delapan kota lainnya yaitu Pandeglang, Batam, Bandar Lampung, Denpasar, Solo, Ambon, Mataram, dan Palangka Raya. Kesempatan terbuka luas bagi jurnalis dan jurnalisme warga untuk mengikuti kompetisi “Apresiasi Jurnalis Lawan Korupsi”. Informasi mengenai ketentuan dan persyaratan lomba, bisa dilihat pada tautan berikut : https://www.kpk.go.id/id/apresiasi-jurnalis-2019/ 

(Humas)

Top