Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima 214 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru yang telah lolos pada Seleksi CPNS Nasional Tahun 2023. Wakil Ketua KPK Alexander Marwata berpesan bahwa sebagai bagian Aparat Penegak hukum (APH), tidak ada nilai yang lebih tinggi kecuali integritas.

“Dalam menegakkan integritas, kita harus saling menjaga. Sering kali orang tergelincir integritasnya karena persoalan yang dihadapi secara individu, misal menyangkut ekonomi. Oleh karena itu, menegakkan integritas butuh sinergi,” kata Alex dalam Apel Pagi di Gedung Merah Putih KPK, Senin (1/4).

Alex mengingatkan sinergi penting dalam menegakkan integritas di suatu instansi. Hal ini dilakukan agar sesama pegawai dapat saling mengawasi dan menjaga apabila ada yang melakukan tindakan yang menyeleweng dari nilai-nilai integritas.

Lebih lanjut, Alex mengatakan agar seluruh CPNS dapat berlaku dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar Insan KPK, yang dikenal dengan IS KPK, yaitu Integritas, Sinergi, Keadilan, Profesional, dan Kepemimpinan. “Kelima nilai itu yang harus diresapkan, dan dijunjung selama melakukan aktivitas di lingkungan KPK,” pesan Alex.

Menutup amanatnya, Alex mengucapan selamat kepada 214 CPNS yang berhasil lolos dalam seleksi CPNS tahun 2023 lalu.  “Mewakili pimpinan lainnya, saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih 214 CPNS yang ada disini. Lebih dari 100 ribu yang mendaftar ke KPK, dimana peluangnya hanya sekitar 0, 2%. Ini merupakan capaian yang luar biasa dan Anda patut berbangga,” kata Alex.

Alex juga berpesan agar seluruh CPNS dapat meningkatkan keahlian, kompetensi, dan terus belajar. Ia berharap CPNS KPK dapat memantapkan diri sebagai pejuang antikorupsi dan mengabdi untuk bangsa Indonesia.

Turut hadir dalam apel pagi ini Sekretariat Jenderal, para Deputi, Direktur, Kepala Biro, Kepala Bagian, dan para Kepala Kesekretariatan KPK.

 

Rekrutmen CPNS KPK 2023

Pada tahun 2023, KPK menggelar tahapan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pengadaan CPNS KPK ini didasarkan pada Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPANRB) Nomor 544 Tahun 2023 tanggal 20 Juli 2023 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Pusat Tahun 2023.

Pada CPNS 2023, KPK membuka formasi sebanyak 214 orang, dengan total 25 jabatan untuk 19 unit kerja, yaitu Biro Hukum, Direktorat Jejaring Pendidikan, Direktorat Pembinaan Peran Serta Masyarakat, Direktorat Monitoring, Direktorat Antikorupsi Badan Usaha (AKBU), Direktorat Pelacakan Aset, Pengelolaan Barang Bukti, dan Eksekusi (Labuksi), Sekretariat Deputi Bidang Penindakan dan Eksekusi, Direktorat Koordinasi dan Supervisi Wilayah I-V, Sekretariat Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi, Direktorat Pembinaan Jaringan Kerja Antar Komisi dan Instansi, Sekretariat Deputi Bidang Informasi dan Data, Pusat Perencanaan Strategis Pemberantasan Korupsi (Pusrenstra), dan Sekretariat Dewan Pengawas.

Total pelamar CPNS KPK 2023 mencapai 222.627. Dari jumlah tersebut, peserta lolos Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan berhak mengikuti Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) sejumlah 179.765 orang. Peserta yang lolos SKB sebanyak 214 orang dan dinyatakan lolos dalam seleksi CPNS KPK. Para CPNS KPK nantinya akan mengikuti orientasi dan induksi di lingkungan KPK pada tanggal 1-26 April 2024.

Top